A New Beginning

Sebenernya ini bukan pertama kalinya gue punya blog. Dulu, pertama kali gue punya blog itu di Friendster, sebuah jejaring social yg sempet nge-heitszz banget di pertengahan tahun 2000an. Awalnya gue kenal blog itu dari temen SMU gue yg bernama Ririe. Dia bikin blog di situ. Dan tentu aja, karena selama sebelumnya itu gue suka nulis2 cuma ga pernah dipublikasikan sama sekali dan hanya tersimpan rapi di folder2 di PC kamar gue, maka tepatnya di akhir tahun 2006, akhirnya gue bikin. Berbeda dengan dia dan ternyata kebanyakan orang2 yg nulis blog disitu, gue ga pernah nulis apapun yg berbau pengalaman gue. Kisah sehari2 gue. Gue hanya nulis pemikiran2 gue tentang banyak hal yg ada di seputar hidup. Hal2 simple. Ga yg berat. Misalnya kenapa kita harus merasa menang da permainan bodoh, kenapa kita harus membahas sesuatu yg kita dan lawan bicara kita sudah sama2 tau atau singkatnya sudah tau kok masih nanya, kenapa orang yg pekerjaannya dianggap rendahan ga boleh bergaya dan mengikuti tren yg ada, atau juga tentang mengapa kalo kita disukai orang yg tidak memiliki wajah dan penampilan yg secara umum dianggap bagus kita lantas malah kurang ajar kepada mereka. Hal2 seperti itu. Hal2 sederhana, tapi sedikit terlupakan, meskipun ternyata cukup penting.

Akhirnya, setelah beberapa tulisan di situ gue buat, gue menemukan tempat baru. Yaitu di Blogspot. Dan gue mulai menulis di situ. Isi blog sebelumnya akhirnya gue pindahin ke situ.  Ini tepatnya di tahun 2007. Gue cukup aktif nulis saat itu. Seminggu bisa aja gue nulis beberapa judul. Lalu akhirnya gue posting dua minggu sekali. Ya, istilahnya gue nyetok. Nyetok tulisan.

Setahun setelah blog dengan isi pemikiran2 sederhana gue itu dibuat, akhirnya gue tergiur juga untuk bikin blog dengan isi tulisan yg bercerita tentang kehidupan sehari2 gue. Rasanya gue juga punya banyak kok cerita2 seru yg terjadi di hidup gue. Akhirnya gue buat lagi blog yg isinya cerita kehidupan gue sehari2. Masih di Blogspot juga. Masih akun yg sama. Hanya blognya kini ada dua.

Ga tahan lagi, akhirnya di pertengahan tahun 2008, gue buat juga satu blog lagi yg berisi hal2 yg artistik dari gue. Ceritanya sisi lainnya lagi gitu. Di situ gue isi dengan puisi2, gambar2 buatan gue, komik, desain2 gue, dan juga foto2 hasil jepretan gue. Ga ketinggalan video2 hasil shootingan dan editan gue pun akhirnya masuk kesitu.

Saat itu yg sepertinya ‘syarat’ untuk menjaring pembaca atau pengunjung di blog kita adalah kita sering2 blogwalking. Setelah membaca blog2 mereka, lalu isi komentar, dan akhirnya berkenalan, lalu bertukar link. Biar link blog kita ini terpampang di blog mereka, begitu juga link blog mereka terpampang di blog kita. Dari sekedar ‘syarat’, gue akhirnya merasakan lebih dari itu. Yaitu merasa mereka sudah menjadi teman. Meskipun belum ketemu. Kita akhirnya saling chat di Yahoo! Messenger (YM), dsb.

Salah satu dari sekian banyak blogger2 yg bertukar link dan akhirnya kenal lalu jadi sering berIM di YM adalah Ronn. Dari Ronn, akhirnya gue jadi kenal sebuah website lainnya yg juga menyediakan fasilitas blog. Namanya Multiply. Dia punya akun di situ. Gue pun sebenernya juga udah punya akun di situ sejak 2007. Hanya aja ga pernah gue aktifkan. Waktu itu bikin asal bikin aja. Ya, lagi2 gara2 si Ririe tadi. Ternyata, setelah dia lama di blog Friendster, akhirnya dia pindahan ke Multiply. Dan gue sempet liat2. Lalu akhirnya bikin. Dan setelah kenal sama Ronn, akhirnya gue mengaktifkannya.

So, sejak Juni 2008 gue akhirnya mulai aktif di Multiply. Orang2 di Multiply biasa nyebutnya MP. Tidak seperti di Blogspot, MP ini lebih cepat pertemanannya. Lebih aktif. Mungkin karena ada inboxnya ya. Jadi bisa nongol di inbox itu siapa aja yg baru aja posting. Dan itu sangat membantu. Ditambah, orang2 MP ini emang seru.

Dalam waktu setengah tahun aja, gue akhirnya bisa kenal dengan begitu banyak teman baru. Mungkin kalau dihitung jumlahnya bisa sampai 100 orang. Cepet ya? Hahaha… ini bukan temen yg ga pernah ketemu ya, tapi temen bener2 temen. Ketemu, nongkrong bareng, dan apapun layaknya orang2 yg temenan lakukan.

Bahkan mereka yg ga punya akun di MP pun akhirnya temenan ama gue juga. Jadi merembet2 gitu deh. Dan gue juga akhirnya punya kegiatan2 yg cukup positif. Misalnya pementasan drama musikal, dimana gue akhirnya dapet peran. Terus bakti sosial, membantu anak2 penderita kanker, anak2 SD di desa terpencil, dsb. Rasanya sih kalo diinget2 kok bisa ya? Dari jejaring sosial, blog, kok akhirnya bisa begitu? Tapi most of all, yg paling gue syukuri adalah pertemanannya itu sendiri. Gue jadi punya banyak temen. Gue jadi bisa kenal mereka yg berbakat. Mereka yg jago dibidangnya masing2. Mereka yg pinter2. Dan some of them are close to me.  Alhamdulillah.

Tapi sayang, ternyata MP akan segera ditutup. Bos-nya MP bilang katanya dia maunya MP jadi tempat jualan. Tempat jualan aja. Ga ada lagi fasilitas blog. Tentu aja ini bagaikan petir di siang bolong. Apalagi bagi mereka yg masih aktif. Termasuk gue. Gue masih aktif lho di situ. Setelah 4 tahun aktif, punya banyak temen dari situ, tiba2 mau ditutup begitu aja. Rasanya sedih banget. Mereka yg udah lama ga aktif pun merasa sedih juga. Ya, gimana engga, banyak hal yg kita dapet dari situ.

Protes udah dilayangkan, keberatan udah disampaikan tapi ternyata fasilitas blog di MP tetep akan tutup. Ada dari kita yg akhirnya memutuskan untuk membiarkan isi blog di MP hilang begitu saja, tapi banyak yg memback-up data2 blog dari sana. Lalu banyak dari mereka yg membuat blog baru.

Dan akhirnya sampailah gue di sini. Setelah berpikir beberapa waktu, akhirnya gue buat aja blog di sini. Tadinya sih gue mau nerusin blog gue yg di Blogspot. Well, sebenernya masih juga gue terusin selama gue ngeblog di MP, jadi selalu crossposting antara di MP dan di Blogspot. Karena MP udah akan hilang, maka gue butuh tempat kaya MP lagi. Tempat dimana postingan2 gue dari tiga blog di Blogspot dijadikan satu. Ya, pemikiran blog jadi tiga sesuai isinya kan adalah pemikiran gue di tahun 2008an lalu. Menyatukannya kan pemikiran selanjutnya. Ah, ribet ya? Pokonya, gue mau punya tempat dimana gue bisa menyatukan ketiganya. Dan tentu saja, blog2 dimana tiga bagian itu terpecah masih tetep jalan.

Well, inilah tulisan pertama gue di blog ini. Mudah2an setelah ini ada banyak hal2 seru yg ada di sini. Hal2 tentang serunya ngeblog, kegiatan2 menyenangkan, pertemanan yg seru dan semua yg pernah gue dapet dari MP dulu. Hopefully!  Insya Allah!

23 thoughts on “A New Beginning

Leave a Reply

