Alice in Rempongland (Part 2)

Previously:
Si Alice jatuh ke sebuah lobang yg akhirnya bikin dia ketemu sama dua anak kembar yg ga kompak, Tweedledee dan Tweedledum. Lalu ketemu sama Chesire the Cat, kucing yg mau ilang mau nongol suka-sukanya sendiri, serta ketemu sama Catepillar, yg doyan banget nge-shisha. Alice bingung kenapa dia bisa ada di situ.
That’s what you missed on Alice in Rempongland!

Alice akhirnya meneruskan perjalanannya. Sampailah dia disebuah lorong panjang dengan tumbuhan bunga2an yg menjadi dindingnya. Tiba2 perutnya bunyi.

“Kriuukk, kriuukk…”

“Aduh, gue laper nih. Makan apaan ya? Di sini ga ada Sepel,” katanya ngomong sendiri.

“Eh, anak gaul, laper yaaa…” tiba2 terdengar suara2 dari sekitarnya.

Alice melihat ke sekitarnya. Dan dia melihat bunga2 yg ternyata berbicara.

“Di sini mah ga ada yg namanya Sepel. Adanya Ngepel. Abis makan langsung ngepel,” kata bunga berwarna ungu.

“Ga lucu banget sih lo! Di sini ga ada Sepel, adanya Sumpel. Sumpel aje tu mulut, ntar juga kenyang. Hahaha…” bunga berwarna oranye kali ini yg ngomong.

“Eh, itu bajunya jelek ya? Kalo yg kaya gitu, tukang jait deket rumah gue juga bisa!” cetus bunga warna ijo tai kuda.

“Pake baju kaya gitu!? Ih, lo Beyonce wannabe? Atau J.Lo wannabe?” bunga warna kuning tokay ikutan ngomong.

“Eh, itu rambutnya jelek banget sih! Udah kaya sapu ijuk!” begitupun bunga warna biru bluwek, ikut2an ngomong.

“Owh, bitch, please!” kali ini bunga warna merah dekil yg ngomong.

“Ah, ini bunga2 pada komeeen aja semua! Udah pada kaya komentator. Udah pada kaya di timeline!! Gue mau pake baju apakek, rambut gue kaya apa kek, terserah gue. Sotoy lo semua!! Berisik lo semuaaa!!  Lomba nyinyir ya lo semua?!!” kata Alice judes.

“Ih, suara lo picthy dimana2 gitu!” kata bunga warna pink keitem2an tentunya dengan nada ga kalah nyinyirnya sama bunga2 yg lain.

Alice terus berjalan tanpa memperdulikan komen2 bersliweran itu. Akhirnya dia ngeliat ada meja makan penuh dengan makanan, minuman.  Di tengah hutan lebat seperti ini.

“Waduh, di tengah2 hutan kaya gini siapa yg lagi piknik nih? Eh, ada orangnya. Minta ah. Laper.”

“Mas, mas, saya laper. Boleh gabung ga?” katanya kepada seseorang yg sedang lahap makan. Seseorang yg agak unik penampilannya. Berambut merah, wajah putih dengan bedak 10 cm, mata belo warna ijo, mirip orang abis liat duit. Dan setelan baju berwarna merah ngejreng.

“Oh, boleh… boleh,” jawabnya.

“Eh, itu kan si Alice!” kata seseorang diantara mereka. Seekor tepatnya. Yaitu tikus.

“Eh, lo lagi! Ya ampun, tikus nan lucu dan imut. Kok ada di siniii?” kata Alice ke tikus yg judes, yg tadi dia ketemu di deket pintu pertama kali dia jatuh dari lubang.

“Ga usah peres deh!” jawab sang tikus.

“Ya udah, makan yuk makan!” kali ini kelinci putih yg ngomong.

“Eh, kelinci putih! Lo kan yg gue cari dari kemaren!” Alice tampak girang.

“Wah, yg bener? Ah, jadi maluuu… Malu2.” jawab sang kelinci sambil megang pagar.

“Nama lo siapa, kelinci putih?” tanya Alice.

“White Rabbit!” jawab sang kelinci.

“Ya elah, ga kreatip amat. Kelinci putih namanya White Rabbit!” kata si Alice.

“Udah, makan,makan,” kata sang tikus.

“Iya, makan yuk makan. Makan.” kata sang kelinci sambil megang pagar lagi.

“Ih, kamu kenapa megang pagar mulu sih?” tanya Alice.

“Itu lho, hobi barunya dia. Dikit2 kalo ngomong megang pagar. Malu2, megang pagar. Makan, megang pagar. Megang pagar, megang pagar. Jadinya  #malu2. #makan. #megangpagar. Gitu. Ngarti ga lo? Kan lagi heeeitzzs!” jelas sang tikus, rada nyinyir. Sambil berulang2 memegang pagar.

“#Ohh #gitu #maksudnya #ya?” tanya Alice memperjelas. Sambil megang pagar.

“#Iya #gitu #deh” jawab sang tikus, sambil megang pagar.

“Btw, kenalin nih, name gue Hatter. Tukang bikin topi. Lo mau gue bikinin topi kaga? #HTBT.” kata Hatter. Sambil megang pagar.

“Ah, engga, Mas. Ntar aja. Eh, itu maksudnya pake #HTBT apa?” jawab Alice sambil sibuk makan. Sambil megang pagar.

“Jiyah, si Hatter, promosi mulu lo ah. Bosen gue. Itu lho, namanya juga dia promosi. Biar laku. Makanya pake gituan. #HTBT. Hatter Tukang Bikin Topi. ” kata sang tikus yg ga taunya bernama Dormouse. Sambil megang pagar.

“Oooh, gitu tho, #ngerti” jawab Alice. Sambil megang pagar.

“Ih, kalian ini dari tadi ngobrol mulu. Makan! Megangin pagar mulu lagi! Ngikutin gueh! #manyun” kata sang kelinci putih. Sambil megang pagar.

“Btw, neng Alice, kalo manggil gue jangan Mas dong. Abang. Lebih akrab gitu. #HTBT” kata Hatter. Sambil megang pagar.

“Iya, bang. Bang Hatter ya. Topi apaan aja yg Bang Hatter bisa bikin? #penasaran,” tanya Alice. Sambil megang pagar.

“Oh, banyak. Mau yg gede banget kaya payung, biar kalo di pantai kaya orang bule. Ada. Biar keliatan agak sok londo gitu. Terus, mau peci yg banyak kantongnya, boleh. Lumayan buat ngembat duit amal taro di peci. Trus yg agak sok rasta2 gitu. Bise! Gue bise segale topi! Segale pici! #HTBT” promo Hatter panjang2. Sambil megang pagar.

“Eeeehh, ngumpet, ngumpeettt!!! Itu ada si Knave, nyariin Alice!! #panik” teriak Dormouse. Sambil megang pagar.

Dengan terburu2, Alice langsung makan pete ajaib. Dan akhirnya badannya mengecil. Lalu Hatter langsung ngumpetin dia di suatu tempat.

“BRAAAKKK!!”  pagar yg dari tadi buat pegang2an akhirnya hancur ditubruk kudanya Knave of Hearts.

“Alice mana, Alice?!” katanya.

“Alice siapa? Kaga kenal gue,” kata Hatter.

“Ciyus? Miapah? Mana! Gue denger dia ke sini!” kata cowo tinggi berambut hitam sambil masih terus berada diatas kudanya. Matanya yg hanya satu, sementara mata lainnya ditutupnya itu menatap dengan tatapan curiga.

“Najis! Ga imut tau ga lo! Gue serius!!” kata Dormouse. Kali ini udah ga megang pagar. Tapi megang pedang mini andalannya.

“Ga percaya gue!” kata Knave.

“Ga percaya gue culek mata lo satu lagi pake pedang gue! Biar pake tutupan dua2nya!” Dormouse emang judes banget.

“Segitu sih lo bilang pedang!? Itu mah jarum pentul!” kata Knave menghina.

“Ehhhh, kurang ajar lu! Sini biar gue culek!!” Dormouse emosi dan siap beraksi. Tapi ditahan oleh Hatter.

“Ya udah, gue ogah urusan ama lu2 orang,” lanjut Knave sambil melipir dengan kudanya.

“Uhukk… uhukk… “ terdengar suara Alice batuk2.

“Bang, diumpetin sih diumpetin! Tapi ga dalem kolor lo juga kaleeee!!!” teriak Alice mirip acara di TeransTipi.

***

“Itu tuh, si Knave paling-paling disuruh ama si Ratu Merah. Si Ratu Merah itu, dulu sih oke-oke aja. Sekarang dia sok. Mentang-mentang followernya udah ribuan. Liat aja, palanya jadi gede gitu. Dulu mah dia ga gitu!” kisah Hatter kepada Alice.

“Iya, kalo kita bikin salah sama dia, dia suruh deh pasukannya or followernya nyerang kita. Ntar kita dibully deh sama followernya yg ribuan itu. Pasti gitu. Kalo dia yg bikin salah, cuek aja. Kesannya dia boleh bikin salah, ngomong semaunya,” sambung Dormouse.

“Dan yg paling jadi andalannya, ya itu si Jabberwocky. Piaraan kesayangannya!” White Rabbit pun nyamber.

“Oh, gitu,” Alice manggut-manggut.

“Makanya, kita harus menghentikan aksi si Ratu Merah. Biar dia sadar,” kata Hatter sambil ngejait topi baru.

“Terus, ntar lo yg lawan si Jabberwockey ya. Lo pasti bisa!” White Rabbit loncat2 kegirangan.

“Ha? Gue? Lha trus, ntar Jabberwockey-nya kalah dong ama gue! Hahahaha…” jawab Alice.

“Terus, gue harus bilang wow gitu?” lirik Dormouse, sinis.

“Masalah buat loh?” jawab Alice ga kalah sinis.

“Huss! Udah sih lu pade! Sinis2an mulu dari tadi!” kata Hatter.

Tiba-tiba seekor burung kuntul putih terbang melintasi mereka dan buang air di atas mereka.

“Crottt!!”

Mereka yang sedari tadi sedang asik nerusin jamuan makan siang dan minum-minum teh dan ngejait bikin topi jadi kocar-kacir takut kena pup-nya si burung kuntul putih.

“Ehhh, sialan tu buruuung! Gue sunatin juga lho!!” teriak Dormouse.

Mereka menatap ke langit. Nampak banyak burung-burung itu berterbangan dan menjatuhkan sesuatu ke tanah. Dan salah satu dari burung berbulu berwarna  putih itu menjatuhkan sesuatu lagi ke dekat mereka. Bukan, kali ini bukan pup. Melainkan lembaran-lembaran yg mereka jatuhkan kemana-mana. Dan itu adalah surat.

“Eh, eh, apaan nih. Kok ada surat segala? Baca, baca!” kata White Rabbit.

Dibukanya surat yang berupa lipatan kertas berwarna coklat tua, antik dan memakai huruf-huruf standar komputer biasa. Maklum, ga nyeni. Jadi biasa aja gitu meski kertasnya udah mendukung.

“Wahai wargaku!
Dengan ini saya sebagai Ratu dari negeri ini, memberitahukan kepada kalian semua, bahwa terhitung mulai 1 Desember nanti, kalian udah ga bisa tinggal di sini. Karena kampung kalian ini akan saya jadikan MALL! Karena kita mau konsentrasi ke perdagangan saja. Komers-komers gitu lho!

Jadi siap-siap aja pada pindahan. Beres-beresin deh barang-barang kalian. Dan segeralah pindahan! Maap ye atas ketidaknyamanan ini. Walau sejujurnya, mau kalian ga nyaman atau apa kek, emangnya gue pikirin?

Ya udeh deh ye, buru-buru pada beberes. Tools buat pindahan? Ga ada lah. Ribet! Ngapain juga gue mempasilitasi? Sekali lagi, mau kalian nyaman atau ga nyaman, emangnya gue pikirin? Inget ye, 1 Desember. Yuk ah!

Ttd

Red Queen”

Ditutupnya surat yang barusan dibaca oleh Hatter itu. Dan dia lalu terdiam.

“Yaaah, kampung kita mau digusuuuurr! Huhuhuhu… gimana niiih?” keheningan sesaat itu lantas buyar oleh tangisan Dormouse.

“Ya ampuuunn… gimana ini? Ini kan kampung halaman gue. Gue dari dulu udah ada di sini..,” dilanjuti oleh nada murung dari White Rabbit.

Alice terdiam sesaat ngeliat semua yg mendadak sedih. Alice bisa ngerasain betapa ga enaknya punya rumah yg digusur. Dulu sebelum pindah ke rumah Alice yg sekarang, rumahnya yg sejak dia lahir sudah keluarganya tempati digusur. Karena mau dijadikan perumahan elit. Rasanya memang pahit. It. It.

“Lalu, kalian gimana dong jadinya?” tanya Alice dengan lembut.

“Ga tau deh. Rasanya blank. Kaya petir di siang bolong,” jawab Hatter dengan mata hijaunya yg berkaca-kaca.

Berita inipun lantas dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru. Tentu aja semua penghuni ga terima kalo kampungnya digusur. Kampung yg udah lama mereka tinggali. Tempat mereka tinggal, ketemu temen-temen yg akhirnya jadi temen mereka yg terbaik, bahkan jadi pasangan hidup, memiliki keluarga dan lain-lain.

Mereka lantas protes. Mereka menulis, mengumpat, ngomel dan segala macem. Menumpahkan isi hati mereka atas keberatannya ini.

“Dasar itu si Ratu Merah! Seenaknya dia maen gusur aja rumah-rumah kita!” kata seorang dengan mata empat.

“Haram jadah itu si Ratu!!” teriak seseorang dengan jenggot 10 meter.

“Pertamaaaxxx!!” kata seseorang yg kayanya cuma bisa ngomong kata yg satu itu.

“Kalo ketemu, gue botakin itu si Ratu. Gue ganti rambutnya pake bulu ketek gue! Sama nih warnanya. Merah!” tulis seseorang di sebuah sos-med dengan gambar bulu keteknya dipamerin. Orang ini emang terkenal suka posting-posting or nge-share foto-fotonya yg ga penting di sos-med.

“Klimaaaxxx!” teriak seseorang yg sering teriak gini tapi kayanya jarang klimaks kalo anu-anuan. Kesian ya?

“Gue rasa si Ratu rambutnya merah pake sepuhan tuh! Yg buat bahan pewarna tekstil! Tukang salonnya kayanya sempet masuk di acara Inpestigasi tuh. Yg gambarnya disamar-samarin!” kata Ibu-Ibu di pasar dengan sasakan setinggi 2 meter.

“Iya, ya jeung. Jangan-jangan dia makannya tempe pake formalin!” timpal seorang berambut keriting-keriting kusut, teman si Ibu-Ibu tadi.

“Hubungannya apa, jeung? Kok makanan?” tanya si Ibu-Ibu sasakan tadi.

“Ga tau! Yg penting eke nyinyir! Mau nyambung mau engga, yg penting eksis! Makin nyinyirnya makin asik, makin dianggap keren lah kita! Padahal peduli-peduli amat juga engga. Kapan lagi? Ini kan panen nyinyir-nyinyiran!” jawab temannya itu sambil kipas-kipas ala ibu-ibu pejabat.

“Oooh.., iya juga ya, jeung!” ibu-ibu sasakan itu setuju.

Dan masih banyak komentar-komentar pedas dan luar biasa pedasnya bersliweran dimanapun itu. Baik yg berisi, maupun yg ngasal. Baik yg terkesan pinter, sampe terkesan dipinter-pinterin. Baik yg terkesan ga ada kesannya, sampe yg kesannya begitu menggoda.

Tapi ada juga yg lebih terkesan sedih, tapi ga juga. Tapi kesannya semangat, tapi ga juga. Tapi ini tapi itu. Pokonya ga jelas.

“Belakangan saya lebih suka berada di kampung sebelah. Daripada di sini,” kata seseorang dengan muka mirip sama kelambu.

Tapi besoknya dia nongol lagi dan bilang, “Nanti malam persiapan untuk besok di tempat baru. Jujur saya sudah kurang nyaman lagi untuk tinggal disini. Malam kemarin itu malam terakhir saya di sini. Salam manisszz…”

Kirain udah selesai, eh dia dateng lagi dan bilang, “Sudah terlanjur hilang semangat. Maaf teman sekaMPungers, saya pasif untuk saat ini.”

Dan lagi, “Sejak Sabtu saya sudah tinggal di WePe (kampung sebelah) saja. Kampungku…bye bye… Belajar di lingkungan baru dan suasana yang baru pula. Wassalam kaMPungku.”

Lalu besoknya dia dateng lagi, “Ngelongok kaMPungku, barang sejenak, mumpung masih ada…”

Mondar-mandir aja gitu urusannya!

“JUST LEAVE, BITCH!!! NOBODY GIVES A SHIT, YOU ATTENTION WHORE!!” orang-orang sekampung akhirnya teriakin dia. Bosen ga sih tiap hari dia ngomong gini mulu tapi kaga pergi-pergi juga?

“Kita harus bikin petisi! Ini ga bisa dibiarin!” kata Hatter pada akhirnya.

Maka, petisi itupun diamini oleh banyak masyarakat. Tetapi sepertinya sang Ratu tetap pada keputusannya yaitu menggusur kampung tersebut.

Hatter akhirnya jadi aktif di sana-sini. Dia mengadakan orasi menentang sang Ratu. Demo di mana-mana. Ini yg akhirnya bikin sang Ratu geram. Akhirnya Hatter di tangkap.

Dormouse dan White Rabbit meminta Alice agar bisa membebaskan Hatter dari sang Ratu. Dengan hasil konsultasi dengan Om Pillar dan Chesire the Cat, akhirnya Alice bersama yang lainnya mendatangi markas sang Ratu di Gandaria City, eh, istana sang Ratu.

Hari itu suasana sedang tegang. Karena Hatter akan diberi hukuman. Yaitu kepalanya akan dipenggal!

Alice sudah berhasil masuk ke istana sang Ratu. Bangunan besar dengan pilar-pilar raksasa itu terasa sangat angkuh. Persis seperti pemiliknya, seorang Ratu berambut merah berbadan pendek dengan ukuran kepala yg tidak biasa. Besar.

Para pasukan melihat Alice dan akhirnya mengejarnya. Alice berlari mencari perlindungan. Lalu dia ketemu dengan si Knave.

“Ah, gadis cantik. Mau kemana kau?” katanya merayu.

“Aku lagi cari angin,” jawab Alice sekenanya.

Knave mendekat dan makin mendekat, lalu dia menggerayangi tubuh Alice.

“Aku suka sama perempuan yg kaya kamu, kamu siapa sih kok masuk-masuk sini?” nafasnya memburu.

“Aku Um..,” jawab Alice ragu-ragu.

“Halo, Um..,” kata Knave dengan tatapan penuh napsu birahi. Aih, birahi…

“Eh, Alice! Kok ada di sini?” tiba-tiba terdengar dua suara berbarengan. Tweedledum dan  Tweedledee berdiri manis di depan Alice yg lagi berusaha ngelepasin cengkraman Knave the Heart.

“Eh, kalian kok ada di sini?” Alice pun keheranan.

“Ratu nangkep kita! Katanya kita lucu. Makanya di suruh tinggal di sini. Tapi kita pengen bebas!! Kita ga boleh pake henpon! Huhuhu..,” kata Edee.

“Huuuh, drama deh!” kata Edum. Tetep dengan nyinyirnya.

“Apa?! Kau Alice!!” teriak Knave baru ngeh.

“Penjaga! Tangkap dia! Dia yg Ratu cariin dari kemaren-kemaren!!” lanjutnya.

Alice pun lari, tapi sebelumnya dia menendang Knave. Tepat di anunya.

“Adaaaawww!!! Siyalan kau perempuan sundal!!” umpatnya sambil kesakitan.

“Edum, Edee, gue nyariin Hatter. Lo liat ga?” tanya Alice sempet-sempetnya.

“Di situ,” kata Edum dan Edee menunjuk ke lain arah. Edum ke kiri, Edee ke kanan. Sungguh kembar yg ga kompak!

“Hadeeeuuh! Lagi gini tetep aja ga kompak!” kata Alice.

***

Sementara itu suasana di ruang singgasana Ratu sedang tegang. Sang Ratu Merah duduk di singgasananya yg besar dengan kaki selonjoran dimana ada babi jadi alas kakinya.

“Knave! Lo gimana sih? Kan dari kemarin lo udah gue kasih tau supaya yg namanya Alice itu ditangkep! Dia kan yg bisa bikin istana gue ancur. Menurut Permadince kan gitu! Haduh!” omelnya ke Knave. Rupanya Ratu selama ini konsultasi ke orang pinter, yg bernama Permadince. Dan ternyata, menurut ramalan sang orang pinter, istana sang Ratu bisa berantakan gara-gara seorang perempuan yg datang dari luar dunianya, bernama Alice.

“Sekarang, itu perempuan katanya udah masuk-masuk ke istana! Gimana sih!! Cari sampe dapet!!!” teriak Ratu ke Knave yg sedari tadi megangin anunya yg kesakitan ditendang Alice.

“Oke, sementara pasukan nyariin Alice, hukuman buat pemberontak kaya si tukang topi itu harus tetep dilaksanakan! Laksanakan sekarang! Off his head!!!” teriak Ratu.

***

Hatter duduk sendirian merenungi nasibnya. Tangannya diborgol. Untung ga ada yg megang pecut ya… kalo ada kan sadomasokis gimana gitu. Tapi dia ga nyerah. Dia tetep optimis. Tiba-tiba,

“Hallooo, cyinnt! Jangan sedih gitu dong. Chemunguudd, kakaaaa..,” suara ngebass tanpa wujud terdengar.

to be continued

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s