Enakan Ga Beli Sendiri?

Ini mungkin hanya joke konyol aja. Atau bahkan joke ngeselin. Tapi entah kenapa buat gue ini nyata. Ini beneran. Emang terasa banget bedanya.

Gini, pernah denger ga orang pernah bilang, “Makanan dibeliin sama beli sendiri itu rasanya enakan dibeliin.” Kurang lebih seperti itu jokenya.

Nah, pasti pernah denger. Entah ini semacam becandaan atau joke aja, atau kalo ini adalah joke maka joke kaya gini bakalan dianggap joke garing, konyol atau malah ngeselin seperti yg gue bilang di atas tadi.

Kesannya kok maunya gratisan. Kesannya, untuk yg menilainya secara lebay, malah dianggap mentalnya mental dibayarin. Atau malah dianggapnya matre. Ya, namanya juga lebay. Bisa aja kan kaya gitu?

Tapi anehnya, gue merasa emang beda lho makanan yg dibeliin, minta sama orang, disediain di meja saat meeting, ada di meja deket tv di rumah, dibandingkan sama yg sengaja beli.

Bedanya ya itu tadi, seperti joke itu. Rasanya lebih enak. Aneh deh. Kok bisa ya? Bukan, bukan karena dibeliinnya deh kayanya. Karena kok bisa sepengaruh begitu?

Kenapa gue bilang bukan, karena misalnya gini, kemarin itu ada meeting di kantor. Dan ada makanan di meja sebagai sajiannya. Yaitu wafer coklat. Dan wafer itu gue makan ga berhenti2. Gue teruuus aja ngambil setelah udah berkali2 ngambil sampe akhirnya gue nyadar kalo udah cukup banyak yg gue ambil dan makan. Rasanya enaak banget. Sampe gue bilang, kalo gue akan beli wafer itu nanti pas pulang.

Saat pulang kantor, gue ga beli. Karena ga sempet. Tapi pas berangkat, gue mampir sebentar ke mini market. Belilah gue wafer merk yg sama, jenis yg sama. Coklat.

Sampe kantor gue buka, dan makan wafer itu. Dan gue ga ngerasain enaknya wafer ini seperti enaknya saat gue makan kemarin saat meeting.

Lalu gue inget, ini juga terjadi saat gue makan makanan yg ada di rumah. Yg udah ada di meja yg dibeliin nyokap. Atau minta dari kakak gue, bahkan keponakan gue. Begitu juga kalo gue bertamu ke rumah teman.

Sering akhirnya gue beli makanan2 yg sama dengan yg gue makan itu. Tapi emang beda. Beda deh. Kayanya kalo beli kok biasa aja gitu lho. Kalo beli tuh ya coklatnya emang rasa coklat, enak, tapi ga seperti seenak saat gue minta. Atau disediakan. Lain deh.

Apakah ini karena beneran kita ga ngeluarin duit untuk makanan itu? Masa sih itu berpengaruh? Kan kita juga ga ngerasa rugi saat beli makanan itu. Ga pelit gitu lah. Hahaha…

Atau karena rasa bersalah karena minta tapi kita terus2an ngambil atau seperti rasa ‘kesetanan’ yg bikin jadi ga peduli ada bos tapi kita tetep ngemil?

Apanya sih ya yg bikin beda?

Dan apakah pernah kalian merasakan hal yg sama dengan gue gini?

Image

18 thoughts on “Enakan Ga Beli Sendiri?

      • ayanapunya says:

        atau bisa juga karena makannya sama-sama. saya sering tuh misalnya di kantor ada yang beli cemilan apa pas dimakan rasanya enak banget. giliran saya beli sendiri, nggak sanggup ngabisin😀

      • close2mrtj says:

        hmm, tadinya saya mikirnya juga itu. ya, bisa sih kalo itu. soalnya dulu pernah makan martabak sendirian beda sama rame2. tapi saya akhirnya kepikiran lagi, kalo dibeliin rasanya lebih enak. dan saya juga pernah makan sendirian, tapi itu dibeliin. enaaknya beda sama beli sendiri. jadi intinya ini tetep misteri hahahaha

  1. omnduut says:

    Kalo aku malah makanan yang dibeli sendiri itu lebih oke Mas😀 Kalo dulu pas (masih kerja) dan suka meeting ini-itu, malah kadang nggak tersentuh. Bisa jadi makanan itu jadi enak dan gak enak karena suasana hati. Dalam kasusku, makanan di tempat meeting jadi gak terasa nikmat, karena makannya sambil mikir ini-itu, dan harus selesain pekerjaan. Nah di kasus mas Tj, mungkin jadi enak karena makannya bareng-bareng, sambil becandaan dan sambil rebutan haha. Rebutan makanan itu enaknya puuuoooll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s