Saaaay…

Kira-kira empat tahun lalu, sekitar lingkungan rumah gue kedatangan acara tv. Maksudnya, ada acara tv yg isinya show2 ngebanyol gitu, ngedatengin daerah2 tertentu untuk shooting. Dan kali itu daerah rumah gue yg kebagian. Tentunya shooting-nya di lapangan gitu deh. Dari mulai ibu2 disuruh joget2, lomba2an, dan sebagainya. Acara itu kalo ga salah host-nya adalah Nardji. Sayangnya gue lupa nama acaranya apa.

Nah, di situ ada seorang ibu2 yg kira2 usianya 40 tahunan, berperawakan lebar alias gemuk, ditarik2 oleh Nardji untuk joget2. Gue dan temen2 kantor ngakak2 ngeliatnya. Mereka bilang, si ibu2 itu pede banget.

Btw, karena itu adanya bukan di weekend, jadinya gue nonton di kantor. Dan itu tuh live. Gue aja taunya karena kakak gue yg kirim mesej. Hehehe…

Beliau adalah Bu Uyud, tetangga gue. Nama Uyud adalah nama suaminya, Wahyudi. Mungkin itu nama panggilan sang suami dari kecil. Orangnya lucu. Apapun yg beliau omongin, yg mungkin maksudnya serius juga bisa jadi lucu. Perawakannya yg gemuk, yg entah kenapa buat gue,  jadi bikin beliau terlihat pas sekali dengan karakternya yg suka bercanda.

Bu Uyud tinggal ga jauh dari rumah gue. Beliau tinggal bersama sang suami dan seorang anak perempuan mereka.  Sebagai tetangga, kalo sama keluarga gue, salah satunya dengan nyokap gue, beliau  suka bercanda2. Dan tentu aja, sama gue.

“Saaay, mau ke mana?”

“Baru pulang, Say? Ya udah, mandi terus bobo yaa…”

Hampir setiap harinya, ketika gue berangkat dan pulang kerja, kalo gue lewat depan rumahnya dan kebetulan beliau ada di situ, sapaan ini selalu ada.

Iya, gue selalu dipanggil ‘Say’ atau kadang lengkap, ‘Sayaang’.  Walau ga pernah sekalipun gue bales manggil beliau pake ‘say2-an’ segala, tetep aja beliau gitu. Dan ngucapinnya itu mungkin mau terdengar mesra, tapi tetep aja ga terdengar mesra. Hihihi…

Kadang gue berhenti sebentar untuk bercanda2, ngomong2 yg garing2 tapi bikin beliau, dan mereka yg ada di situ, ngakak, selain gue sendiri yg juga jadi ketawa2 ngeliat reaksi mereka. Oh iya, teras rumah Bu Uyud emang sering jadi tempat ngumpul beberapa ibu2 yg istilahnya ‘lagi nenangga’.

Kadang2 sih kalo gue lagi bete dan males bercanda, gue suka pengen buru2 lewat dan ga mau ketemu beliau. Ya, kan lagi bete namanya juga. Jadi susah kan kalo misalnya dipaksain bercanda.

Tapi emang dasar orangnya seneng ngebanyol gitu, mau muka gue kaya apa kalo lagi lewat situ juga tetep aja dia begitu. Mungkin maksudnya biar gue agak cheer-up dikit kali ya.

Begitu juga sebaliknya. Kalo beliau yg diem aja, gue pernah sengaja bercandain. Gue inget tuh gue pernah bercandain beliau dengan bilang gini, “Itu rambut kusut amat ya, sampe sisir aja nyangkut di situ. Jangan2 kalo naro sapu bisa juga.” Ngeliat sisir disangkutin ke rambut gitu sih, iseng kan jadinya.

Reaksinya sok2 ngomel. Dan bilang, “Saaay, jangan gitu doong! Tega amat!”

Suatu kali gue juga pernah nyolek2 pundaknya dari belakang pas lagi ngobrol dengan sang suami di teras mereka. Kebetulan emang terasnya itu kecil. Jadi kursi yg mereka duduki agak sedikit berada di jalan. Paling2 sih kaget. Lalu teriak deh, “Saaay… awas yaa! Bikin kaget!” Sementara Pak Uyud ketawa liat kelakuan istrinya.

Anyway, bercanda2 dengan ibu2 tuh sepertinya hal yg cukup biasa gue lakuin. Karena kalo diinget2, kayanya ini bukan pertama kalinya gue bisa begini. Buat gue mereka cukup gampang dibikin ketawa. Dan gampang bikin gue ketawa. Tapi ya, tentu aja liat orangnya juga. Kalo kaya Bu Uyud sih bisa seru2 aja gitu.

Kemarin pun gitu, tepatnya Rabu malam (18/02), pas gue baru balik dan ngeliat beliau. Kebetulan gue yg ngeliat beliau duluan, soalnya posisi beliau lagi membelakangi gue yg mau keluar dari pintu rumahnya. Gue sapa aja duluan.

“Heh! Ngapaiiin?” kata gue.

“Eh, Saay… baru pulang?” katanya, sambil balik nanya.

“Iyaa… dadaaaahh…” jawab gue sambil terus jalan, plus senyum tiga jari, dadah2, dan dibalesnya senyum gue itu dengan ketawa ga bersuara.

And that was the last time i saw her.

Kamis pagi (19/02), pas gue mau berangkat ngantor, nyokap gue yg ngasih tau. Anyway, Kamis ini emang harusnya libur, karena Chinese New Year. Tapi kantor gue tuker harinya jadi hari Jum’at biar sekalian long weekend.

Nyokap gue sedih, karena baru kemarin bercanda2 dengannya, saat mereka ngumpul2 bareng di pesta kecil2an tetangga kita yg lagi ulang tahun, sekarang tiba2 orangnya udah ‘ga ada’. Nyokap gue juga tau  kalo gue dan Bu Uyud sering bercanda2.

“Bu Uyud kan kalo ketemu kamu suka manggil2 pake sayang2 ya..,” kata nyokap gue.

Dan ya, pastinya ini mengagetkan. Bu Uyud terlihat sehat2 aja. Malam ketika ketemu beliau, yg ternyata terakhir kalinya, beliau biasa2 aja keliatannya. Nyokap bilang sih sebenernya Bu Uyud itu sakit jantung. Dan itu udah lama. Oh, well…

Baru ketika gue pulang kerja, gue baru bisa dateng ke rumahnya. Menyalami Pak Uyud, sang suami, menyampaikan belasungkawa.

Gue yakin banyak yg sedih atas kepergiannya. Seorang yg lucu dan jenaka. Paling tidak, itu yg gue tau tentang beliau. Ibu2 gemuk berusia 45 tahun, yg kalo ketemu gue selalu manggil2 dengan kata2 sok mesra, walau ga pernah terdengar mesra sesungguhnya, melainkan malah terdengar kocak.

Selamat jalan, Bu Uyud. Sampai ketemu lagi ya, Saaay…

12 thoughts on “Saaaay…

    • close2mrtj says:

      Iya, Cha. Orang2 kaya gini bikin hidup sedikit terasa ringan aja gitu. Sampe kadang kepikiran, kalo mereka ga fokusin sama bagian ga enak dari hidupnya. Ceria gitu.
      Makasih ya, Cha🙂

  1. edwinlives4ever says:

    She had a good life. I mean, most of her acquaintances remember her as a cheerful person, right? When you die and your friends remember you that way, you can die well.

    And by the way, I think the TV show was that Pinoy franchise, Eat Bulaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s